Rabu, 24 Juni 2015

Seminar "The Great Idea Breakthrough"

  • NET TV  :
NET TV adalah televisi masa kini & masa mendatang. Brand TV yang sebelumnya sudah ada sebenanrnya adalah milik publik karena itu NET selalu merancang program yang mendidik bagi masyarakat, dan menghindari program yang membuat masyarakat menjadi pesimis. Segala macam brand membutuhkan komunikasi yang membuat brand tersebut dekat dengan masyarakat. Dahulu media bersifat satu arah, sekarang menjadi dua arah  sehingga masyarakat tidak hanya melihat program tersebut. Media digital membuat pekerjaan yang harus dilakukan manual menjadi lebih mudah.
  • Okezone :
Media mempunyai pengikut yang banyak, oleh karena itu media harus mampu membuat marketing yang baik agar masyarakat tetap loyal mengikuti media tersebut. Di dunia media juga ada permasalahan tentang kredibilitas, media tidak bisa menjelek-jelekkan orang tanpa fakta karena apabila tidak sesuai fakta dapat dikenakan pidana, karena itulah marketing dibutuhkan untuk menembus masyarakat Indonesia agar dikenal dengan cara yang masuk akal. Menembus masyarakat dengan cara yang benar yaitu media maping agar target audiens tercapai dengan baik, apabila media maping tercapai maka media akan bisa menjalin relationship dengan audiens. Berikut adalah tips and tricks agar media menembus audiens dengan baik :
    • Media Maping
    • Find WHat They Need
    • Get Strong Relationship
    • Sharing Ideas
    • Follow Media Trends
PR Problems dalam media :
    • Relationship/connection
    • Hallutination
    • Complicated Press Release
    • Underestimate/overestimate
  • Marketing Communcation Strategy
Marketing Communication Strategy berbeda dengan Marketing Strategy, karena Marketing Communication Strategy merupakan gabungan dari Marketing Strategy dan Communication Strategy.
The key of Marketing Communication Strategy :
    • The comperhensive strategy
    • To reach a specified objective
    • Playing around with many things
The 7P(Organisation Facing) :
    • Product
    • Price
    • Place
    • Promotion
    • People
    • Processes
    • Physical Evidence
The 7C (Customer Facing) :
    • Customer/consumen
    • Cost
    • Convenience
    • Communication
    • Caring
    • Co-ordinated
    • Confirmation
  • Endee
Untuk dapat menjual produk produk daripada klien, kita membutuhkan kreativitas. Bagian creative dalam media selalu berupaya menemukan hal-hal baru yang dapat disukai oleh masyarakat. Kreativitas adalah sebuah aksi untuk mewujudkan sebuah ide menjadi kenyataan. Dalam dunia periklanan, kreativitas adalah berpikir untuk menciptakan ide baru, tapi di saat yang sama, dikenali oleh semua orang. Sebuah ide yang akan memberikan kita kesempatan untuk membedakan diri kita dalam pasar yang riuh dan kompetitif. Media merupakan kendaraan yang dapat mengantarkan sebuah pesan kepada audiens, tapi tidak hanya pesan juga value(nilai-nilai yang ingin diberikan kepada audiens).

Sri Mulyani sebagai Agent Of Change


Sri Mulyani Indrawati sebagai sosok wanita Indonesia pertama yang mengawal kelancaran bank dunia merupakan tokoh "Agent Of Change" yang menginspirasi saya. Perempuan yang lahir pada 26 Agustus 1962 ini mengawali karirnya sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun 2004 , kemudian 5 Desember 2005 presiden Susilo Bambang Yudhoyono merombak kabinet Indonesia Bersatu Jilid 1 dan menempatkan Sri Mulyani pada posisi menteri koordinator bidang perekonomian, menggantikan Dr. Budiono yang saat itu dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Selanjutnya, di bawah naungan kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2, Sri Mulyani kembali memegang peran penting sebagai menteri keuangan terhitung sejak tanggal 22 Oktober 2009. Tidak banyak wanita Indonesia yang memiliki peranan langsung dalam kabinet Republik Indonesia. Jabatan presiden, wakil presiden serta menteri mayoritas diisi oleh kalangan pria. Beberapa nama wanita kondang yang sempat mengisi jabatan menteri antara lain yakni Linda Gumelar, Mari Elka Pangestu dan Siti Fadilah Supari.

Sosok Sri Mulyani adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sebelumnya, beliau menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Ketika beliau menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia maka ia pun meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan. Sri Mulyani merupakan sarjana dari jurusan ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 1986. Tak heran bila Emerging Markets pernah menobatkan Sri Mulyani sebagai menteri keuangan terbaik di Asia di tahun 2006. Bahkan ia juga pernah terpilih sebagai wanita urutan ke-23 paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes tahun 2008. Berkat segudang prestasi tersebut, badan internasional PBB mempercayakan jabatan executive director (direktur pelaksana) badan keuangan IMF (International Monetary Fund) sejak Oktober 2010.

Mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati kembali masuk jajaran 100 wanita paling berpengaruh di dunia pada bulan mei 2015. Sri Mulyani menduduki peringkat ke-31 di daftar bergengsi itu. Bersanding dengan Hillary Clinton di peringkat kedua, dan di peringkat ketiga adalah Melinda Gates, istri dari Bill Gates. Tidak hanya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bidangnya, Sri Mulyani adalah sosok yang patut menjadi inspirasi dan panutan tidak hanya bagi para wanita Indonesia namun secara umum bagi semuanya saja. Dedikasi dan juga keteguhannya menjalani posisi yang mungkin bagi banyak orang sulit bahkan mustahil, ia percaya bisa dan mampu menjalankannya. Such an inspiring women from Indonesia!