Senin, 23 Maret 2015

Teori Perbandingan Sosial

Teori ini di kemukakan oleh Festinger (1950, 1954). Pada dasarnya teori ini berpendapat bahwa proses saling mempengaruhi dan perilaku saling bersaing dalam interaksi sosial ditimbulkan oleh adanya kebutuhan untuk menilai diri sendiri (self evaluation) dan kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan memebandingkan diri dengan orang lain.

Teori ini dimulai dari efek komunikasi sosial yang selanjutnya diperluas meliputi evaluasi, baik evaluasi kemampuan (abilities) maupun evaluasi opini. Teori yang berorientasi kognitif ini mempunyai dasar bahwa proses pengaruh social berkaitan dengan perilaku kompetitif (competitive behavior) yang tertuju pada kebutuhan untuk evaluasi diri,dan untuk evaluasi ini, orang mendasarkan diri pada perbandingan dengan orang lain (comparison with other persons). Jadi, ada dua hal yang di perbandingkan dalam hubungan ini. Yaitu : 
a.    Pendapat (opinion)
b.    Kemampuan (ability)

    Walaupun proses perbandingan untuk kedua hal tersebut sama yaitu untuk evaluasi opini dan evaluasi kemempuan, ada perbedaan yang sangat penting diantara keduanya yaitu, pertama, adanya dorongan yang sifatnya ke arah yang lebih baik dan secara satu arah ada kemampuan dan tidak terdapat pada opini atau kemempuan yang lebih tinggi, contoh Nisa hanya mampu mendapat nilai 75 dalam materi psikologi social sedangkan Joule mampu mendapatkan nilai 90. Dalam membandingkan dirinya (pihak ketiga) dengan Nisa dan Joule, ia harus meningkatkan kemampuan belajarnya agar bisa mendekati kemampuan Joule. Baik pihak ketiga ataupun Joule tidak mementingkan dan memikirkan kemungkinan bahwa Joule menurunkan kemampuannya untuk mendekati nilai Nisa. Tetapi perbandingan yang pertama ini tidak terdapat pada perbandingan antar pendapat, karena jika pendapat Nisa berbeda dengan pendapat Joule, bisa saja Joule mengubah pendapatnya agar mendekati pendapatnya Nisa ataupun sebaliknya.  Kedua, perubahan opini relative lebih mudah apabila dibandingkan dengan performansi atau perubahan pada kemampuan. Seperti contoh di atas Joule akan sulit menyamakan nilainya dengan Nisa karena dia berkemampuan lebih pandai, tetapi Ia akan mudah menyatukan pendapatnya dengan Nisa apabila dia memiliki pemikiran atau opini yang sama.

Daftar pustaka : Teori Komunikasi, Little John


Regards,


MeinarPradita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar